Sambang/DDS ke Rumah Warga Masyarakat pendatang yang tinggal di Br. Blahtanah Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati.

Polda Bali Polres Gianyar Polsek Sukawati, Pada hari  Selasa  tgl  06 Nopember  2018 pkl 20.00 wita sampai selesai bertempat di wilayah Banjar Blahtanah Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati Bhabinkamtibmas Desa Batuan Kaler Aiptu GN Jumaya  bersama Babinsa Serma I Nyoman Wirayasa, Prajuru Adat Br. Blahtanah dan pecalang melaksanakan sambang/DDS dan  kunjungan Prajuru ke rumah warga masyarakat pendatang yang sudah mempunyai rumah sendiri dan menetap di wilayah Br. Blahtanah namun  disinyalir oleh warga belum melaporkan dirinya ke pihak Banjar atau Desa Pakraman apakah akan mengikuti Banjar Dinas atau Adat.  an. I Gede Mangku Pangus yang berasal dari Tianyar Karangasem dan sekarang sudah tinggal menetap di  Br. Blahtanah Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati.

Pada saat sambang/ DDS tersebut Bhabin  menyampaikan pesan Kamtibmas  kepada warga bersangkutan yaitu pada intinya agar :

  1. Menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan warga sekitarnya sehingga  terjadi keharmonisan diantara warga baik lokal maupun pendatang.
  2. Bila meninggalkan tempatnya mengamankan lingkungannya dengan menutup pintu/ jendela rumah, mematikan lampu, kompor, PDAM, listrik lainnya dan menutup pintu pagar rumah.

  3. Bila ada tamu, warga atau orang lain yang tidak dikenal agar selalu di waspadai dan berhati hati terhadap penipuan, radikalisme dan kejahatan lainnya.

  4. Bila mempunyai usaha lain dalam hal membuat order/ pesanan apalagi dengan Orang Asing yang teliti dan menginginkan mutu maka di sarankan agar mutu dijaga dengan baik.

  5. Agar Waspada terhadap barang bawaan yang ada dan gerak gerik tingkah laku  orang orangnya yang datang, bila mencurigakan agar kesempatan pertama melaporkan kepada pihak berwajib.

  6. Sebagai warga masyarakat pendatang yang baru tinggal di wilayah Br. Blahtanah agar segera melaporkan diri baik di Dinas atau Adat dan mengikuti atau tunduk pada awig awig atau perarem yang ada. Dan diharapkan agar selalu peka dan waspada terhadap situasi dan kondisi yang ada seperti ada hal hal yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada yang berwajib. Bhabin menghimbau agar terus  dan setiap ada  acara kegiatan baik acara sendiri dan komunitas sesama pendatang agar selalu menginfokan atau mengundang Bhabin dan Babinsa serta kegiatan ini terus dikembangkan agar mengurangi kegiatan negatif warga pendatang.

Demikian kunjungan sambang/ DDS dan penyampaian pesan dan himbauan  dari Bhabinkamtibmas berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta warga pendatang yang dikunjungi merasa senang dan mengharap demi keamanannnya setiap saat Bhabin dan Babinsa  sebisanya menyambangi dirinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.