Sinergi Dengan Pecalang Babin Singakerta Polsek Ubud Amankan Ngaskara Jelang Ngaben Massal

Utama -Sinergi Dengan Pecalang Babin Singakerta Polsek Ubud Amankan Ngaskara Jelang Ngaben Massal

Polda Bali Polres Gianyar Polsek Ubud.
Ngaskara merupakan suatu proses penyucian roh orang meninggal menjadi pitara, ketika kematian terjadi Prakerti ( badan kasar ) terpisah dengan Atma tapi masih di ikuti oleh Suksma Sarira ( alam pikiran, perasaan, keinginan dan nafsu ).

Hal tersebut di sampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Polsek Ubud Aiptu I Made Widastra saat berkolaborasi dengan Babinsa dan Pecalang Desa Pekraman Singakerta melaksanakan kegiatan pengamanan upacara Ngaskara rangkaian Upacara Pitra Yadnya Atiwa-tiwa masal yang di selenggarakan warga masyarakat Desa Pekraman Singakerta,
Rabu (15/8/2018 ) pukul 18.00 wita.

Upacara Ngaskare ini di laksanakan dari 6 Banjar Desa Pekraman Singakerta diantaranya, Banjar Jukut Paku, Banjar Dangin Labak, Banjar Tengah, Banjar Dauh Labak, Banjar Lobong dan Banjar Katik Lantang. dan pelaksanaannya di laksanakan di Balai petak ada juga warga yang melaksanakan kegiatan tersebut di rumahnya karena tidak ikut dalam kegiatan kelompok yang di selenggarakan di petak Desa Pekraman Singakerta.

“Pengamanan yang di laksanakan bersinergi dengan Pecalang karena Pecalang merupakan pengamanan adat swakarsa yang di bentuk oleh Desa Adat untuk membantu mengamankan kegiatan adat, baik pengamanan di areal Upacara maupun mengamankan di sekitar pelaksanaan kegiatan. Sehingga keberadaan Pecalang sangat membantu menciptakan situasi yang kondusif,” ujar Aiptu I Made Widastra.

Hal senada di sampaikan Kapolsek Ubud Kompol I Made Raka Sugita, S.H. mengatakan bahwa sinergitas antara Pecalang dan Bhabinkamtibmas tidak perlu di ragukan lagi, karena pecalang di bina langsung oleh Bhabinkamtibmas. Terbukti sangat membantu tugas Polri dalam menciptakan Harkamtibmas. (dastro




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.