Bhabin Desa Batuan Kaler Polsek Sukawati Gianyar Atensi Latihan Gambelan Slonding di Pura Pemaksan Panti Banjar Blahtanah.

Polda Bali Polres Gianyar Polsek Sukawati, Untuk melestarikan tradisi dan budaya yang adiluhung perlu diadakan pembinaan dan latihan latihan serta pembentukan sekeha yang melestarikan baik tari tarian sakral, gambelan sakral serta gegitaan.

Hal itulah yang akan di laksanakan oleh warga masyarakat Br. Blahtanah dan Prajuru prajurunya khususnya prajuru Pura Pemaksan Panti Banjar Blahtanah Desa Batuan Kaler dengan membentuk sekeha gambelan slonding dengan peserta generasi yang masih sangat muda dengan latihan pertama yang di upacarai sekaligus melaksanakan persembahyangan yang di puput oleh Jero Mangku Pemaksan Panti Jero Mangku I Ketut Jiwa.

Hadir pada kesempatan tersebut Bapak Perbekel I Wayan Suarma, SE, Ketua BPD Bapak Made Suwandra, Wakil Bendesa I Wayan Sumiartha, Klian Pura Pemaksan Panti Bapak I Made Sadia, Tokoh Masyarakat Bapak Wayan Rija,Bhabinkamtibmas Aiptu GN Jumaya, Bhabinsa Serma I Nyoman Wirayasa dan anggota sekeha slonding.

Latihan sekeha gambelan slonding tersebut di latih atau diajarkan oleh pelatih I Wayan Gede Surya Adhi Putra dari Banjar Telabah Sukawati, yang mengatakan bahwa latihan pertama hari ini harus berlanjut sampai 1 minggu tanpa bolong, kemudian setelah itu baru di tentukan harinya, Pungkas Wayan Gede Surya Adhi Putra saat berkoordinasi dengan prajuru Pura Pemaksan Panti Br. Blahranah yang disaksikan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan selama kegiatan dan latihan berjalan aman dan lancar.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.