Kanit Binmas dan Bhabin Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Melaksanakan Binkam Swakarsa

 

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Tampaksiring, Polri mengemban
tugas – tugas Kepolisian di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Sabtu 14/7/2018 pukul 09.00 wita, Ps Kanit Binmas Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Aiptu Gusti Ketut Mujung, bersama anggota Bhabin dan Babinsa, bertempat di balai pertemuan jaba Pura Puseh Desa Pakraman Panglan Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar melaksanakan Pembinaan Keamanan Swakarsa terhadap Pecalang/Polisi Adat Desa Pakraman.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bendesa Pakraman Panglan I Wayan Suta, Kelian Dinas dan adat Panglan I Wayan Kamardiarsa, Tomas beserta 14 orang anggota Pecalang.

Materi yang disampaikan tugas Pokok Pecalang yang meliputi mengamankan dan memperlancar kegiatan agama adat dan Tri Hita Karana, mengamankan kegiatan umum dan nasional dalam membantu tugas Polisi terbatas dan koordinasi dengan Instansi terkait.

Pada kesempatan tersebut ditekankan pula Pecalang sebagai perpanjangan tangan Polisi dalam melaksanakan tugas tidak boleh arogan, main hakim sendiri dan diharapkan mampu membangun partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas, patuh dan taat terhadap Awig-Awig Desa adat dan aturan maupun norma yang ada, dan juga ditekankan Pecalang mampu mengamankan kulkul agar masyarakat tidak sembarangan membunyikan kulkul bulus.

Selanjutnya dilaksanakan driil dan pelatihan 12 isyarat pengaturan lalu lintas.

Menurut penjelasan Kapolsek Tampaksiring Polres Gianyar, “apapun bentuk kegiatan yang ada di desa binaannya baik itu kegiatan adat dan kegiatan dinas adalah bentuk kegiatan dimana maksud dan tujuannya untuk mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif”jelas Akp I Made Tama SH.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.