Bhabinkamtibmas Sidan Polsek Gianyar Atensi Melasti Warga Binaan.

Polda Bali – Polres Gianyar – Polsek Gianyar. Pada hari Rabu, 14 Maret 2018. Pkl. 15.15.wita. Bhabinkamtibmas Sidan Aiptu Ngakan Ketut Perasi,melaksanakan kegiatan Atensi dan Pengamanan Melasti / Mekiis, Masyarakat Desa Sidan.

Upacara Melasti / Mekiis, dilaksanakan di Pantai Siyut, Desa Tulikup, berkaitan dengan Upacara Hari Raya Suci, Nyepi tahun baru Caka 1940. Yang tepatnya dilaksanakan pada hari Sabtu 17 Maret 2018. Masyarakat yang melaksanakan Melasti / Mekiis sebanyak lebih kurang 500 Orang, berangkat dengan Menggunakan Transport R. 4 Truk sebanyak.18, Pik up dan jenis lainnya 125 dan R 2.Sebanyak 200. Dengan titik kumpul Pemberangkatan di Parkiran Stage Sidan. Untuk mengatur jalannya Upacara Keberangkatan Ida Batara Melasti Masing – masing Banjar ke Pantai Siyut, diatur oleh Bendesa Pekraman, dan Kelian Adat. Sedangkan Keamanan dan kelancaran selama kegiatan berlangsung di atur dan di Amankan Oleh Pecalang Desa Pakraman Sidan, dikendalikan Bendesa Pakraman dan Kelian Adat, berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Setelah selesai kegiatan Upacara Melasti di Pantai Siyut, Ida Batara kembali, ke Pura Puseh / Pura Desa, Katuran Ayaban, nyejer selama sehari. Kemudian Pada hari Kamis Sore Pkl. 16.00 wita. Ida Batara Budal kembali ke masing – masing Banjar mesineb.

Semua rangkaian kegiatan Mekiis/ Melasti dapat berjalan dalam suasana yang lancar dan Kobdusip, hingga berakhir pada Pkl. 18.30 wita.Utama -Bhabinkamtibmas Sidan Polsek Gianyar Atensi Melasti Warga Binaan.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.