Bersama Muspika Waka Polsek Blahbatuh Polres Gianyar menghadiri Rakor jelang Hari Raya Nyepi

Polda Bali, Polres Gianyar, Polsek Blahbatuh, Bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Blahbatuh, jalan Wisma Gajahmada Blahbatuh telah berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pengamanan Rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 di Kecamatan Blahbatuh. Senin (5/3) pukul 09.00 wita

Kegiatan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Blahbatuh, Ketua MADP Kecamatan Blahbatuh, Anggota PHDI Kecamatan Blahbatuh, Anggota FKUB Kec Blahbatuh, Perbekel se Kecamatan Blahbatuh, Bendesa Pekraman se Kecamatan Blahbatuh, Ketua Karang Taruna se Kecamatan Blahbatuh, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se Kecamatan Blahbatuh.

Kegiatan rakor ini secara rutin setiap tahun dilaksanakan menjelang peraraan nyepi dan itu merupakan langkah positif yang kita laksanakan untuk menciptakan situasi perayaan Nyepi yang yang damai dan kondusif khususnya diwilayah Kecamatan Blahbatuh.

Dalam sambutannya Wakapolsek Blahbatuh menyampaikan pesan pesan kamtibmas dalam perayaan Nyepi tahun Caka 1940 yang mengacu pada perayaan Nyepi tahun sebelumnya. Rangkaian Nyepi yang dimulai dengan pelaksanaan Melasti agar Bapak Prajuru adat dan Dinas menyertai pengaman giat melasti tersebut dan segera menyampaikan kepada Polsek Blahbatuh tentang waktu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Untuk Upacara Pengerupukan agar Bapak Perbekel, Bendesa dan Ketua Karang Taruna mengatur teknis pelaksanaan parade Ogoh-ogoh agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib, Penggunaan meriam bambu kalau bisa agar tidak dipergunakan karena dapat membahayakan keselamatan masyarakat agar peredaran miras dikendalikan oleh Prajuru adat dan Dinas dimasing- masing Desa karena miras tersebut bisa memicu gangguan Kamtibmas.

Saat ada potensi gesekan antar pemuda yang terjadi menjelang pelaksanaan Upacara Pengerupukan agar prajuru Desa segera menyampaikan kepada Polsek Blahbatuh agar aparat Kepolisian dapat meredam secepat mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan kamtibmas yang mengganggu kedamaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi diwilayah Kecamatan Blahbatuh.

Disampaikan juga kepada anggota Karang Taruna agar Ogoh-ogoh semuanya berbentuk Butakala dan jangan sampai menggunakan bentuk simbol Parpol dan pada saat pengerupukan agar jangan ada yang merusak alat peraga kampanye karena hal tersebut merupakan tindak pidana yang dapat diproses hukum. Ujar AKP Gusti Sutarja.

Disampaikan Danramil Blahbatuh yang intinya mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya sinergitas TNI- POLRI bersama Prajuru Adat dan Dinas dalam pengaman Nyepi tahun Caka 1940 saya yakin pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Disampaikan Camat Blahbatuh yang intinya menyampaikan bahwa kesepakatan yang akan ditandatangani bersama agar betul – betul dilaksanakan dengan semestinya. Terkait pelaksanaan Nyepi yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Gianyar yang sudah memasuki tahap kampanye maka Pemda Kabupaten Gianyar sudah membuat surat edaran terkait perayaan Nyepi Tahun Caka 1940.

Pada pukul 10.40 wita dilaksanakan penandatanganan surat kesepakatan bersama yang dilaksanakan oleh perwakilan Prajuru Desa Pekraman, sekehe teruna – teruni, Forum Perbekel Kec Blahbatuh dan Ketua Panitia Parade Ogoh – ogoh. Pungkasya.Utama -Bersama Muspika Waka Polsek Blahbatuh Polres Gianyar menghadiri Rakor jelang Hari Raya Nyepi




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.