Bhabin Batuan Kaler Polsek Sukawati Polres Gianyar Hadiri Pelatihan Kader PATBM Ds Batuan Kaler Kec Sukawati Gianyar

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Sukawati, Bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Batuan Kaler telah berlangsung Kegiatan Pemberdayaan Sosial Kemasyarakatan PELATIHAN KADER PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT ( PATBM) dari Team Pelatihan Kabupaten Gianyar, Ibu AA Istri Laksmi Paramitha Dewi dan Bapak AA GD Putra Wirawan, Selasa,(28/11/2017) pukul 18.00 sampai dengan 22.00 wita.

Hadir pada kesempatan tersebut dari perangkat Desa Batuan Kaler Bapak Perbekel Desa Batuan Kaler Bapak I Wayan Suarma, SE, Sekretaris Desa Bapak Made Sumantra, Ketua BPD Bapak Made Suwandra, Semua Kadus, Semua Ketua STT dan Ketua Karang Taruna Bapak I Wayan Eka Sentana, S.pd dan 10 Kader PATBM.

Acara dibuka oleh Sekdes yg pada intinya mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran peserta semuanya. Mengingat pentingnya acara agar pelatihan ini diikuti dengan baik dan seksama sehingga dapat di terapkan di masyarakat.

Kemudian acara secara resmi dibuka oleh Bapak Perbekel dengan sambutan yang pada intinya menyampaikan dan mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran para team pelatih kader PATBM dan mengharapkan agar semua kader mengikuti dengan baik agar pelatihan ini bermanfaat dan bisa diterapkan serta disosialisasikan kepada masyarakat.

Materi pertama diberikan oleh Ibu AA Istri Laksmi Paramitha Dewi yang pada intinya menyampaikan bahwa anak adalah setiap orang yang berusia di bawah 18 tahun, kecuali berdasarkan UU yang berlaku, bagi anak ditentukan usia dewasa dicapai lebih awal.

Dengan meratifikasi Konvensi Hak Anak, Negara mengikatkan diri untuk menghormati, melundungi, memenuhi dan memajukan hak anak. Disampaikan pula bahwa anak tidak berdiri sendiri, anak bergantung pada orang dewasa baik itu orang tuanya, wali atau pengasuh.

Untuk itu negara harus memperkuat orang dewasa tsb agar mampu memberikan pengasuhan anak yang baik. Perlindungan anak adalah upaya untuk mencegah dan merespon dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelantaran, terhadap anak, bukan perlindungan hak hak anak.

Perlindungan anak terdiri dari

* perlindungan dari perlakuan salah , eksploitasi, penelantaran, kekerasan utk perawatan dan dukungan dalam keluarga agar abak dapat hidup dan tumbuh dengan potensi mereka.

* perlindungan hukum sebagai anak korban dan saksi kejahatan, serta bagi anak abak yg dalam konflik dengan hukum.

* perlundungan anak dari bahaya dan pemisahan keluarga dalam situasi darurat bencana terlepas dari bahaya yang dialami atau keadaan dimana terjadi.Sistem perlindungan anak yakni

* sistem hukum dan kebijakan

* Sistem peradilan – sistem kesejahtraan sosial bagi anak dan keluarga

* Sistem perubahan perilaku sosial

*  Sistem data dan info perlindungan anak. Demikian diantaranya yang disampaikan secara garis besar dan yang terpenting dari perlindungan anak.

Materi kedua dibawakan oleh Bapak AA GD PUTRA WIRAWAN, SH yang pada intinya menyampaikan bahwa PATBM merupakan garakan kelompok jejaring warga pada tingkat masyarakat bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak yang dilakukan dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak.

Indikator manajemen tersedia tata tertib atau aturan PATBM dan adanya komitmen pemerintah desa untuk mengalokasikan dana untuk operasional PATBM secara rutin dan adanya keterlibatan komponen masyarakat dalam perencanaan kwgiatan PATBM.

PATBM ( Perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat ) dilaksanakan secara berkelanjutan artinya terus dikembabgkan sesuai kebutuhan. Pihak yang dapat diajak mengembangkan PATBM di desa ,

* internal desa , Kades, perangkat desa, toga todat, tomas atau pihak lain yg punya kepedulian terhadap perlindungan anak

* dari eksternal desa , individu atau lembaga yang mampunyai kepedulian terhadap perlindungan anak.

Demikian Pelatihan Kader PATBM Desa Batuan Kaler di hari pertama yangi diikuti oleh Bhabinkamtibmas Desa Batuan Kaler AIPTU GN JUMAYA sebagai Kader/ Aktivis PATBM Desa Batuan Kaler bersma 10 anggota lainya.




Be the first to comment