Menteri PAN RB Minta Polres Gianyar Terapkan Sistem Pengamanan dan SIM Online

Menteri PAN RB saat diwawancarai wartawan Komunitas Jurnalis Gianyar

GIANYAR, balihotnews.com – Menteri Pemerintahan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB), Asman Abdur melaksanakan sidak di Mapolres Gianyar pada Rabu (22/3) pukul 14.30. Menteri Asman langsung disambut Kapolres Gianyar, AKPB Waluya, Wakapolres, Kompol Tony Sugadri dan sejumlah perwira. Setelah berkeliling, Asman meminta pelayanan kepolisian lebih ditingkatkan dan bisa berinovasi.

“Saya mengecek seluruh pelayanan di Polres Gianyar, secara umum sudah baik, tapi saya tetap dorong pak Kapolres untuk terus berinovasi,” ujar Asman disela kunjungan. Dalam kunjungan ke Mapolres, Asman, melihat layanan di Mapolres sudah sudah bagus.

Dia juga sempat berkeliling meninjau pelayanan SIM di Sat Lantas. “Kalau bicara moderen, memang banyak hal perlu ditingkatkan. Di sini (Polres Gianyar, red) kebutuhan dasar dipenuhi, dan 50 orang terlayani (pemohon SIM, red),” jelasnya.

Asman juga mendesak kepolisian bisa menerapkan model permohonan SIM secara online. “Misalnya saya bukan orang Gianyar, dengan data online nanti sudah bisa. Atau orang Gianyar ada di Jakarta, nanti di Jakartra bisa memperpanjang SIM. Kami harapkan nanti bisa jadi model bagi Polres-Polres di Indonesia,” harap dia.

Asman menambahkan, Gianyar bisa menerapkan sistem online itu, dengan catatan Mapolres sudah memiliki lahan sendiri. “Nanti ketika ada lahan dan legalitasnya jelas dari Pemda, pusat tinggal bangun gedung,” tukasnya.

Ditambahkan Asman, sebagai daerah yang jadi kunjungan wisatawan mancanegara, Asman, mendorong kepolisian bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memperketat pengamanan wilayah. Salah satunya dengan memperbanyak CCTV. “Ciri khas pengamanan moderen ditandai makin banyak CCTV. Jadi setiap Polres punya common centre yang didalamnya punya titik-titik sentral memonitor,” ujar Asman.

Kapolres Gianyar, AKPB Waluya, menjelaskan, untuk layanan SIM sudah disediakan pada mobil SIM keliling. “Untuk SIM online ada mobil keliling,” ujarnya. Meski begitu, pelayanan yang ada saat ini mampu melayani pemohon SIM yang rata-rata menyentuh angka 100 pemohon per harinya. (tia)




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.