Kanit Intelkam Polsek Sukawati Atensi Kegiatan Sosialisasi Pemilu Legistalif Dan Pilpres 2019

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Sukawati, Pada hari Kamis tanggal 09 Agustus 2018 pukul 09.00 wita bertempat diwantilan SMA N 1 Sukawati berlangsung kegiatan sosialisasi Pemilu Legistalif dan Pilpres 2019.

Hadir dan selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut antara lain :

– Ketua KPU Gianyar A. A. GD PUTRA SH. MH.

– Dari Kalangan Akademisi Ir I KETUT WITARKA YUDIANTA MT.

– Kasat Intelkam Polres Gianyar yang diwakili oleh Kanit Intelkam Polsek Sukawati IPTU I WAYAN SUARJANA.

– Kepala UPT Disdikpora Propinsi Bali Cabang Gianyar.

– Perwakilan para Siswa dari SMA N 1 Sukawati, SMK N 1,2, 3 Sukawati dan SMA N 1 Blahbatuh.

Ketua KPU Gianyar dalam kesempatan tersebut pada intinya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dilaksanakan mempunyai tujuan yang sangat penting yaitu memberikan pengetahuan kepada para pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 nanti, bagi yang belum terdaftar dalam DCS untuk agar segera mendaptarkan  diri kepada PPS di Desanya masing-masing karena sebagai warga negara yang baik wajib untuk memberikan hak pilihnya dalam pemilu yang akan dilaksanakan.

Dari kalangan Akademisi Ir I KETUT WITARKA YUDDIANTA MT pada intinya memberikan pengetahuan tentang demokrasi di Indonesia dimana setiap warga negara mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk memilih dan hak untuk dipilih maka dari itu sebagai generasi muda harus berperan aktif setiap kegiatan demokrasi di Indonesia khususnya Pemilu karena nantinya akan memilih pemimpin yang menentukan bangsa ini kedepannya.

Kasat Intelkam Polres Gianyar yang diwakili oleh Kanit Intelkam Polsek Sukawati IPTU I WAYAN SUARJANA pada intinya menyampaikan peran Polri dalam Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 sesuai dengan UU No 2 Tahun 2002 pasal 13 tentang tugas pokok Polri yaitu Harkamtibmas, aparat penegak Hukum dan sebagai petugas memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat  serta UU No 7 tahun 2017 penyelenggaraan Pemilu.

Dalam kesempatan tersebut juga ditegaskan  etiap kegiatan yang diselenggarakan oleh peserta pemilu harus menyampaikan surat pemberitahuan kepada aparat Kepolisian dan penyampaian surat pemberitahuan itu dilakukan 7 hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

Selesai penyampaian materi dari masing-masing nara sumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan clossing statement dari masing-masing nara sumber.

Kegiatan berakhir pukul 12.00 wita, berlangsung tertib, lancar dan situasi kamtibmas kondusif.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.