Wakapolsek dan Kanit Lantas Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Berikan Penyuluhan di SMK Tri Sakti Tampaksiring

 

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Tampaksiring, Penyuluhan tentang Tata Tertib Berlalu lintas dan Kenakalan Remaja yang diberikan kepada siswa siswi di SMK Pariwisata Tri Sakti Tampaksiring serangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) siswa baru tahun ajaran 2018.

Rabu 11/7/2018, pukul 08.00 wita, Wakapolsek Tampaksiring Iptu I Wayan Balon, Kanit Lantas Iptu I Made Murgama dan Ps Kanit Binmas Aiptu I Gusti Ketut Mujung melaksanakan binluh tentang etika tatacara berlalulintas, kenakalan remaja dan dampak penyalahgunaan Narkoba serta baris- berbaris.

Kegiatan didampingi Waka Kesiswaan Sekolah Dewa Made Berata, S.Pd dan jumlah siswa 120 orang.

Dalam kegiatan ini Wakapolsek Tampaksiring Iptu Wayan Balon menyampaikan, Kenakalan Remaja meliputi semua prilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh Remaja. Prilaku tersebut akan merugikan diri sendiri dan orang-orang disekitarnya. Para ahli pendidikan sependapat bahwa yang dikatakan usia remaja adalah 13-18 tahun.

Jenis-jenis Kenakalan Remaja
1.Penyalahgunaan Narkoba,
Narkoba adalah obat atau bahan yang berbahaya bagi tubuh, zat adiktif yang terkandung dalam narkoba, dapat mempengaruhi perasaan, mood dan emosi bagi yang mengkonsumsinya.

Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada prilaku nakal. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan control diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. Contoh penyebab control diri lemah adalah orang yang selalu memendam masalah dalam dirinya/tidak terbuka, demikian antara lain disampaikan Wakapolsek Tampaksiring Iptu I Wayan Balon.

Kanit Lantas Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Iptu I Made Murgama yang menjadi narasumber dalam penyuluhan Tata Tertib Lalu Lintas, mengajak kepada seluruh peserta MPLS agar mengedepankan etika dalam berlalu-lintas dijalan, selalu tertib berlalu-lintas, dan mematuhi rambu-rambu maupun perintah petugas yang sedang melaksanakan pengaturan lalu-lintas dijalan.

Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan. Etika berlalu-lintas adalah tingkah laku pemakai jalan dalam melaksanakan undang undang dan peraturan peraturan lalu lintas serta norma norma sopan santun antara sesama pemakai jalan, jelas Iptu Made Murgama.

Dalam penyuluhan, diperkenalkan berbagai macam rambu lalu lintas berikut artinya, termasuk isyarat 12 gerakan pokok pengaturan lalu lintas yang dilakukan petugas saat melakukan pengaturan di jalan raya. Harapannya agar paham artinya sehingga bisa mematuhi aturan maupun perintah.

Iptu Made Murgama menekankan, yang perlu disiapkan dalam berlalu lintas adalah siap diri, siap kendaraan, siap kelengkapan surat-surat serta selalu menjaga etika dan tertib dalam berlalu lintas.

Sedangkan Aiptu I Wayan Arka menyampaikan prosedur dan cara pengurusan SIM, masalah kecelakaan lalu lintas, cara pengurusan Jasa Raharja, dan kewajiban masyarakat bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dalam pasal 77 ayat 1 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan jalan disebutkan, setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan, terang Aiptu Wayan Arka.

Sementara Kapolsek Tampaksiring Polres Gianyar menjelaskan dengan kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Polsek Tampaksiring Polres Gianyar ini permasalan kenakalan remaja dapat ditekan dan meningkatnya kesadaran tentang tertib berlalu lintas bagi siswa siswi di jalan raya”jelas Akp I Made Tama SH.




Be the first to comment