Kapolsek Tegallalang Mediasi Warga Kenderan Terkait Penutupan Jalan menuju Pura Dalem

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Tegallalang, Kapolsek Tegallalang Polres Gianyar AKP I GEDE SUKADANA SH pimpin acara mediasi terhadap beberapa warga Desa Kenderan terkait penutupan jalan setapak menuju ke Pura Dalem Kenderan Banjar Kenderan Desa Kenderan Kecamatan Tegallalang kabupaten Gianyar. Kamis (14/6/18) pukul 14.00 WITA.

Dalam acara tersebut ediasi tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat dan masyarkat setempat diantaranya Bapak Perbekel Desa Kendran I DEWA MADE RAKA, Bapak Kapolsek Tegallalang AKP I NYOMAN SUKADANA, SH., Kelihan Banjar Dinas Kendran DEWA GD PUTRA DARMA, Kelihan Adat Kendran DEWA GEDE BAWA DURIANTARA, Tokoh Puri Kendran, Pemilik proyek diwakili oleh DEWA GEDE ARSA, Anak Agung Gria selaku Perantara jual beli tanah yang pertama, Kanit Reskrim IPDA DEWA RAKA, SH, Kanit Intelkam IPDA COKORDA AGUNG JUNAEDI, Bhabinkamtibmas Desa Kendran AIPTU ANAK AGUNG OKA BRENDI dan warga yang keberatan yaitu Anak Agung Parta,Dewa Gede Raka, dan Wayan Mudita.

Mediasi dibuka oleh Perbekel Kenderan membuka acara mediasi dan menghimbau kepada warga yang bermasalah untuk memecahkan masalah dengan kepala dingin agar masalah dapat diselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan masalah.

Menurut Dewa Made Subrata penglingsir Kendran menjelaskan bahwa jalan tersebut adalah jalan setapak menuju sawah maupun Pura Dalem Kendran, selanjutnya warga yang memiliki lahan setuju atas lahannya dipakai jalan yang selebar 1,5 meter dan sekarang menjadi kurang lebih 4 meter.

Menurut Kelihan Adat bahwa proyek tersebut sudah di umumkan kepada masyarakat dan warga masyarakat menerima investor masuk dengan alasan demi kemajuan Desa dan investor tersebut siap mengikuti aturan adat yang ada dan sudah membayar iuran ke Banjar Adat Kendran ( penanjung batu) sebesar Rp. 10.000.000 ( sepuluh juta rupiah).

Mengingat pihak Investor tidak bisa hadir dalam mediasi ini sehingga dari pihak masyarakat yang memiliki masalah tidak bisa diselesaikan dan masyarakat yang keberatan atas jalan tersebut mengharapkan bisa bertemu dengan pihak investor sehingga mediasi tersebut kembali di tunda sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Menurut Kapolsek Tegallalang mediasi yang kita laksanakan saat ini belum membuahkan hasil karena dari pihak investor tidak hadir karena alasan tertentu dengan demikian acara ini akan kita laksanakan kembali setelah ada kesanggupan dari masing masing pihal,” jelas Kapolsek Tegallalang AKP I GEDE SUKADANA SH.




Be the first to comment