Unit IV tipiter Sat Reskrim polres Gianyar melakukan sosialisasi terkait penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) IKM di Kantor desa singapadu,Kec.Sukawati.

Utama -Unit IV tipiter Sat Reskrim polres Gianyar melakukan sosialisasi terkait penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) IKM di Kantor desa singapadu,Kec.Sukawati.

Polda Bali- Polres Gianyar, Sat Reskrim, Unit IV Tipiter
Dengan berkembangnya Industri kecil menengah di kabupaten gianyar yang memiliki kwalitas yg tinggi yang memerlukan perlidungan hukum , sehingga dilakukan sosialisasi dan disarankan kepada masyarakat untuk mendaftarkan Hak Cipta atau Merek yang dimiliki.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri 30 orang pengerajin perak dan topeng yg bertempat di gedung olah raga Ds.singapadu.

Dari Depkumham terkait pengertian dan bidang” HKI yaitu Hak paten,Hak kekayaan industri yg mencakup, paten, desain industri,merek, praktek persaingan curang,desain tata letak sirkuit terpadu,dan rahasia dagang

Dari Unit Tipiter terkait penegakan hukum HKI , UU no 8 tahun 2014 tentang Hak Cipta,UU no 5 tahun 2001 tentang merek dan UU no 14 tahun 2001 tentang paten terkait penegakan hukum UU tsb diatas merupakan delik aduan tentunya polisi sulit untuk melakukan tindakan hukum dikarenakan untuk menangani suatu kejahatan HKI yg tergolong delik aduan dibutuhkan laporan atau pengaduan dari masyarakat polisi hanya menunggu baru bisa dilakukan investigasi.

Dari kegiatan tersebut masyarakat paham akan pentingnya untuk mendaftarkan Hak kekayaan intelektul yg dimiliki masyarakat agar ada perlindungan bagi pemegang Hak sehingga jika ada pelanggaran dapat mengadukan ke pihak berwajib.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.