Tindak Truk Gunakan Lajur Kanan Bypass Ida Bagus Mantra, Polisi Kenakan 2 Pasal

Polda Bali-Polres Gianyar-Sat Lantas, Petugas sedang menindak seorang pengemudi truk yang menggunakan lajur kanan di simpang Purnama Bypass Ida Bagus Mantra siang ini, Rabu, (23/5). Selain pelanggaran lajur kanan, setelah di periksa surat-surat ternyata KIR kendaraan tersebut juga sudah habis masa berlaku.

Sebuah kendaraan truk yang melintas di jalan Bypass Ida Bagus Mantra seketika dihentikan disimpang Purnama oleh petugas yang sedang melaksanakan pengaturan arus lalu lintas. Pasalnya truk tersebut diketahui melakukan pelanggaran lajur sebelah kanan, sehingga petugas yang sedang berjaga kala itu menghentikan laju truk tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan surat-surat ternyata Buku KIR truk tersebut juga sudah habis masa berlaku. Akhirnya petugas memberikan tindakan Tilang dengan 2 pasal pelanggaran yaitu tentang penggunaan lajur kanan dan KIR yang sudah habis masa berlaku.

Dihubungi via telepon Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Gianyar IPDA Eric Andrian, S.TrK membenarkan penindakan yang dilakukan anggotanya terkait truk yang melanggar lajur kanan tersebut. “Iya, anggota saya sudah laporan terkait penindakan lajur kanan di Bypass Ida Bagus Mantra itu. Selain mengganggu pengguna jalan lain yang melintas juga sering menimbulkan laka lantas yang disebabkan oleh truk yang menggunakan lajur kanan. Semua sudah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang dituangkan dalam pasal 300 yang berbunyi tidak menggunakan lajur paling kiri kecuali saat akan mendahului atau mengubah arah akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”, imbuhnya.Utama -Tindak Truk Gunakan Lajur Kanan Bypass Ida Bagus Mantra, Polisi Kenakan 2 Pasal




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.