Sidak Empat Polsek, Kapolda Bali Menyamar Sebagai Masyarakat

POLDA BALI, BID HUMAS,   Dengan mengendarai sepeda motor, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose turun ke lapangan mengecek situasi Kamtibmas di wilayah Bali. Setelah melaksanakan patroli, Kapolda melakukan sidak ke sejumlah Polsek untuk mengetahui kesiapsiagaan dan tingkat kewaspadaan anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas.

Untuk mengelabui bawahannya, orang nomor satu di jajaran Polda Bali ini datang ke Polsek mengenakan baju kaos merah dengan lapis jaket hitam layaknya masyarakat biasa. Dalam dua hari, Kapolda yang saat itu didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. dan Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan mendatangi empat Polsek di jajaran Polda Bali.

Hari pertama, Kapolda mendatangi Polsek Dawan di Jalan Kusa Negara, Kusamba, Dawan, Klungkung dan Polsek Padang Bai yang berada di kawasan Pelabuhan Padang Bai, Jumat (25/5/2018). Sedangkan hari Kedua, Kapolda sidak ke Polsek Manggis dan Polsek Denpasar Timur, Sabtu (26/5).

Dalam sidaknya, Kapolda mengecek peralatan pendukung tugas yang ada di Polsek, seperti rompi anti peluru, senjata api, HT (Handy Talkie), senter dan borgol. Hasil temuan saat sidak kemudian dievaluasi dan disampaikan ke seluruh anggota Polsek.

“Saya bangga dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polsek atas kesiapsiagaannya melaksanakan pengamanan Mako yang sudah sesuai SOP,” ucap Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Dari data diatas, dua Polsek jajaran Polres Karangasem menjadi sasaran sidak oleh Kapolda Bali. Ini membuktikan bahwa Kapolda memberi perhatian khusus untuk keamanan di wilayah Kabupaten Karangasem. Selain banyak pelabuhan rakyat, di Karangasem juga terdapat Pelabuhan Padang Bai yang menjadi pintu masuk menuju Bali.

Tidak hanya itu, Kapolda juga mengecek sejauh mana kesiapan anggota Polsek dalam mengamankan Pilkada serentak tahun 2018. Saat ini, kedua paslon masih melaksanakan kegiatan kampanye. Sedangkan untuk tahap pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali akan digelar satu bulan lagi, yaitu pada 27 Juni mendatang.

“Polsek sebagai ujung tombak Polri harus berperan secara maksimal untuk menyejukan situasi di wilayahnya agar seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan aman dan damai,” terangnya.

Apa yang dilakukan Kapolda ke jajarannya kali ini sangat tepat. Kegiatan sidak penting dilakukan untuk mengetahui sistem pengamanan di tingkat Polsek pasca aksi teror yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. Kedatangan Kapolda tentu akan menambah imun semangat bagi anggota Polri agar lebih sigap dan peka dengan situasi disekitarnya saat melaksanakan tugas.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.