Babin Singakerta Polsek Ubud Sambang Desa Pengamanan Imunisasi JE

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Ubud
Selasa, tanggal 24 April 2018 pukul 09.00-11.00 wita Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra monitoring dan pengamanan pelaksanaan pemberian Vaksin JE terhadap warga masyarakat Desa Singakerta yang masih anak-anak yang berusia 9 bulan sampai 6 tahun dan anak-anak sekolah SD dan SMP yang pada saat pelaksanaan di sekolahnya belum mengikuti vaksin di maksud.

Petugas yang melaksanakan Vaksin JE dari Puskesmas Unud 2 terbagi menjadi 2 tim kerja antara lain :
1. Tim 1 yang di pimpin oleh Dr. I Gusti Ngurah Adnyana yang di bantu oleh 3 orang bidan dan 5 orang Kader Posyandu Banjar Lobong telah melakukan Vaksin JE terhadap 36 anak yang berlokasi di Banjar Lobong Singakerta .
2. Tim 2 di pimpin oleh I Wayan Sumada, Sst yang di bantu oleh 1 Perawan dan 2 Bidan serta 5 orang kader posyandu Banjar Demayu Tewel telah melaksanakan Vaksinasi terhadap 18 anak yang berlokasi di Banjar Demayu Tewel

Tidak semua anak yang hadir ke tempat vaksinasi di lakukan vaksin JE, bagi anak yang sedang sakit dan punya riwayat sakit tertentu serta memiliki riwayat Alergi obat maupun makanan di rujuk ke Rumah Sakit Umum Sanjiwani Gianyar untuk mendapatkan Vaksin di sana.

Japanese Encephalitis (JE) adalah suatu Penyakit yang dapat menyebabkan peradangan otak pada hewan dan manusia. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh nyamuk Culex Tritaeniorhynchus yang di sebarkan oleh virus tersebut sehingga penderita akan mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian jika terlambat di obati.

Sayangnya sampai saat ini belum ada obat penyembuh untuk penyakit Japanese Encephalitis sehingga langkah penanggulangan yang terjamin untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui vaksin JE.

Secara keseluruhan kegiatan vaksinasi JE tersebut berjalan dengan lancar walaupun beragam reaksi anak-anak yang mendapatkan vaksin tersebut ada yang tertawa, ada kalem bahkan ada pula yang menangis sampai harus di pegang oleh ibu bapak hingga kakeknya karena saking takutnya serta ada pula yang harus di bujuk di iming-imingi hadiah baru mau di untuk di vaksin




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.