PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER JUMANTIK DS BATUAN KALER KEC. SUKAWATI. Ubah

Utama -PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER JUMANTIK DS BATUAN KALER KEC. SUKAWATI. Ubah

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Sukawati, Pada hari Senin tanggal 25 September 2017 jam 11.00 wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Batuan Kaler telah di adakan PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER JUMANTIK. Hadir pada kesempatan tersebut Bapak Perbekel Desa Batuan Kaler I WAYAN SUARMA, SE, I NYOMAN ASTAWA dari Dinas Kesehatan seksi penanggulangan penyakit menular dan I NYOMAN MEGIG dari Dinas Kesehatan seksi pengelola program DBD.

Acara di buka oleh Bapak Perbekel Desa Batuan Kaler I WAYAN SUARMA, SE yang pada kata sambutan pembukaannya pada intinya mengucapkan banyak terimakasih atas kehadirannya dan mwnghimbau agar mengikuti pembinaan dengan serius dan mencatat semua yang penting sehingga sebagai KADER JUMANTIK dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat tidak ragu dan ada bekal pengetahuan untuk di sampaikan kepada masyarakat.

Selanjutnya pembinaan pertama du berikan oleh Bapak I NYOMAN ASTAWA yg pada intinya menyampaikan, bahwa penyakit Demam Berdarah ditandai dgn panas/demam dgn disertai pendarahan yg disebabkan oleh VIRUS DENGUE yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti yang dapat mengenai semua orang dan dapat menimbulkan kematian.

DBD merupakan penyakit endemis di Indonesia yg menyebabkan angka kematian selalu meningkat. Kasus ini meningkat disebabkan oleh tingginya mobilitas penduduk, banyak pemukiman baru yan padat penduduk, masih mempertahankan TPA tradisional dan prilaku masyarakat dlm PSN DBD masih kurang.

Bila ada indikasi warga terkena BDB maka pertolongan pertamanya memberi minum sebanyak banyaknya berupa air putih yg dibubuhi gula/oralit, memberi obat penurun panas, kompres dan bawa ke Rumah Sakit, Pembinaan selanjutnya di berikan oleh Bapak INYM MEGIG yang pada intinya menyampaikan bahwa tujuan dari pembentukan JUMANTIK(Juru Pemantau Jentik) yaitu utk menurunkan populasi nyamuk penular demam berdarah DENGUE(aedes aegypti) srta jentiknya dengan peningkatan peran serta masy dlm pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah Dengue melalui jumantik, Maka diharapkan kepada semua KADER agar melaksanakan tugas mulia ini dgn baik agar masyarakat kita terselamatkan.

Demikian acara tersebut diatas diikuti oleh sekitar 30 orang kader dari empat dusun se Desa Batuan Kaler yg di monitor oleh Bhabinkamtibmas Desa Batuan Kaler AIPTU GN JUMAYA berjalan tertib dan lancar.




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.