Staf Kemenkopohulkam Susun Kebijakan Pemantapan Wawasan Kebangsaan

Wabup Klungkung, I Made Kasta (tengah) bersama Kapolres dan Dandim dan staf Kemenkumpolhumkam RI
 
KLUNGKUNG, balihotnews.com – Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra wahyudi, SiK. bersama wakil Bupati Klungkung Made Kasta menerima kunjungan kerja Staf Kemenko Polhukam RI,  Kombes Pol. Drs. Yulizar Gafar, SH, MH., Drs. Rahmat dan Syaeful Islam,  dalam rangka penyusunan kebijakan pemantapan wawasan kebangsaan, bertempat di Gedung Nusa Penida Harapan Polres Klungkung, Rabu, 15/3/2017.
Wakil Bupati Klungkung Made Kasta dalam sambutannya mengatakan,  berbagai organisasi maupun forum yg ada di Klungkung saat ini sudah terbentuk seperti  FKDM,  FKUB,  FPK,  MMDP dan  hal ini sdh berjalan baik.  Selain itu juga Forum Wawasan Kebangsaan di Kabupaten  Klungkung  untuk sementara belum dibentuk namun dari sisi wawasan kebangsaan,  pihak Kodim 1610/ Klungkung sdh menjalankan yg namanya mimbar merah-putih yg menyasar generasi muda  dan sekolah-sekolah.
Dari sisi keamanan, pihak Polres Klungkung sudah menjalankan sosialisasi dan rakor dengan pihak ormas maupun tokoh dikabupaten Klungkung khususnya tentang  ancaman Radikalisme,  Pro Kekerasan dan Intoleransi  sehingga dari sisi antisipasi ancaman peredaran Narkoba, kami di Klungkung merupakan pionir  untuk  Bali,  karena  Pemkab, Polres dan MMDP membuat MoU dalam memasukkan aturan dan sanksi adat tentang pelanggaran Narkoba di wilayah Adat Klungkung secara umum.
Sementara Ketua Team Kemenkopolhukam RI Kombes Pol. Drs. Yulizar Gafar, SH.MH. memaparkan bahwa secara umum saya  senang berada di Bali, karena situasi lingkungannya bersih,aman, tertib dan ramah.
Tugas kami adalah merefresh kembali tentang 4 pilar yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, agar dapat di tularkan kepada masyarakat tentang pemahan 4 pilar tsb.  Selain itu terkait dengan Ipoleksosbudkumhankam di Kabupaten Klungkung saat ini masih dalam katagori baik.
Kombes. Pol. Drs. Yulzar Gafar, SH.MH. juga memaparkan berbagai fenomena bangsa saat ini serta ancaman2 thd kedaulatan dan Ideologi Bangsa Indonesia.
Yuzar Gafar, SH.MH. juga mengapresiasi  kepada pemerintahan Kabupaten Klungkung dimana meskipun blm terbentuk Forum Wawasan Kebangsaan ( FWK)  namun sudah melaksanakan kegiatan yg berkaitan dengan pendidikan wawasan kebangsaan.
Sementara Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra wahyudi SiK. memaparkan tentang kearifan local sebagai benteng terbuka dalam upaya menjaga keamanan wilayah Kabupaten Klungkung, Kita saat ini masih berada dalam kondisi damai negative, tidak ada perang, tetapi belum beranjak pada kondisi damai positif, dimana potensi adanya konflik dan juga perang tidak ada lagi.
Kita harus masih bekerja keras untuk mencapai situasi dan kondisi damai yang sesungguhnya. Salah satu upaya yang dilakukan jajaran Polres Klungkung adalah mengelola kekuatan kearifan local sebagai penguat daya cegah dan daya tangkal masyarakat terhadap pengaruh eksternal yang mengancam integrasi Bangsa.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kadis Bud dan pemuda olah raga klungkung,  Kamenag Klungkung,  Kajari Klungkung yg dwakili,  Sekban Kesbangpol Kab. Klungkung  beserta staf, Ketua FKUB Klungkung, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Kab. Klungkung, FPK ( Forum Pembauran Kebangsaan) Kab. Klungkung, MMDP (Majelis Madya Desa Pekraman) dan MADP (Majelis Alit Desa Pekraman) Kab. Klungkung, Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira jajaran Polres Klungkung serta para Danramil sejajaran Kodim 1610 Klungkung. (bro)




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.