YKI Cabang Gianyar Kunjungi Penderita Kanker Vulva di Desa Bukian Payangan

wisata

GIANYAR, balihotnews – Komitmen Yayasan kanker Indonesia (YKI) Cabang untuk memerangi penyakit kanker tidak pernah surut. Di awal tahun 2017 ini, YKI Cabang Gianyar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar mengunjungi beberapa penderita kanker yang ada di wilayah Desa Kemenuh Sukawati dan di Desa Bukian Payangan.

Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra ketika dihubungi Senin, (6/2) menjelaskan kunjungan langsung ke rumah-rumah penderita kanker memang merupakan agenda rutin dari YKI. Selain itu juga untuk melihat langsung kondisi rumah dan lingkungan sekitar penderita kanker. Hal ini sangat penting menurut Ny. Adnyani Mahayastra, mengingat kondisi lingkungan tempat tinggal dan perhatian keluarga menjadi salah satu faktor utama bagi kesembuhan penderita kanker.

“ Dukungan keluarga dan lingkungan sekitarnya sangat penting bagi kesembuhan penderita kanker, bagaimana penderita merasa terlindungi  dan diperhatikan didalam upaya mereka berjuang untuk mendapatkan kesembuhan,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra

Seperti saat mengunjungi Ni Ketut Subur (60 th) asal  Desa Bukian Tegallalang. Perempuan paruh baya ini di diagnosis menderita kanker Vulva. Kanker vulva terbilang sangat jarang ditemukan, merupakan jenis kanker pada organ genital wanita. Disini sel kanker akan tumbuh atau menyerang pada bagian terluar dari organ kewanitaan atau pada permukaan luar dari vagina.

Ni Ketut Subur yang sat itu ditemani oleh ipar dan keponakannya itu menuturkan, dirinya  di diagnosis menderita kanker vulva sejak setahun yang lalu dan sudah mendapat pengobatan sejak 8 bulan yang lalu di RSUP Sanglah Denpasar. Mirisnya lagi, meskipun di rumah tersebut tersedia beberapa kamar namun Ni Ketut Subur yang sudah beberapa tahun berpisah dari suaminya itu memilih tidur di dapur dengan alasan biar hangat. Hangat yang berasal dari tungku dapur, membantunya bertahan dari hawa dingin dan rasa sakit yang dideritanya.

Selain Ni Made Subur rombongan YKI cabang Gianyar juga mengunjungi penderita kanker payudara di Br. Kemenuh Kelod Desa Kemenuh Sukawati Gianyar, Ni Made Sumpang (66th), Ni Nyoman Silig (45 th) dan I.A Nyoman Sayang (45 th). Mereka sudah mendapatkan pengobatan dan beberapa bantuan dari pemerintah Kabupaten Gianyar karena merupakan bersal dari keluarga kurang mampu. Pada kesempatan yang sama, Ny. Adnyani Mahayastra juga mengunjungi I Made Lombok (60 th) asal Br.kemenuh Kelod yang menderika kaku di kedua persendian tangannya. I Made Lombok sangat tersiksa dengan penyakitnya ini karena sudah 5 tahun ia tidak bisa melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Ketua YKI Cabang Gianyar Ny. Adnyani Mahayastra juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako untuk membantu meringankan beban hidup penderita kanker dan keluarga sehari-hari. (Humas/Eni)

Tinggalkan Balasan