Wabah Belerang Biasa Terjadi Pada Juni-Agustus

Perjalanan siklus kandungan belerang terjadi dari erupsi gunung dan berhubungan ke laut

BANGLI, balihotnews.com – Semburan belerang yang terjadi di celah tanah danau Batur, di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali di luar dugaan. Sebabnya, fenomena semburan belerang biasanya berlangsung pada bulan Juni-Agustus. Tapi kali ini fenomena belerang muncul di awal tahun. Peternak pun kaget dan juga membuat ikan mereka mati ribuan ekor.

Kepala PKP Bangli, Sukarta, menyatakan untuk meminimalisir kerugian, disarankan kepada para petani agar melakukan panen lebih awal. Sementara untuk penebaran bibit agar dilakukan setelah bulan Agustus. “Dengan kondisi sekarang ini, diperkirakan kondisi air danau Batur akan kembali normal hingga dua minggu kedepan,” jelasnya.

Berdasarkan sumber dari para ahli, kandungan belerang keluar karena danau Batur letaknya berdampingan dengan gunung Batur. Siklus terhadap belerang wajar adanya. Akan tetapi, mengenai majunya kedatangan belerang ini masih tanda Tanya.

Baca Juga: 15 Ton Ikan Mati Akibat Semburan Belerang Danau Batur

PKP melakukan pengambilan sampel ikan dan air danau, untuk keperluan penelitian di BPOM Denpasar. PKP ingin memastikan apakah ikan yang terkena semburan belerang layak konsumsi atau tidak layak. (ibo)




Be the first to comment