Pura Segara Rangkan Ketewel Hancur Diterjang Ombak Pantai yang Ganas

ft istimewa-tembok penyengker pura roboh
Utama -Pura Segara Rangkan Ketewel Hancur Diterjang Ombak Pantai yang Ganas
ft istimewa-pura segara rangkan terkikis

GIANYAR, balihotnews.com – Pura Segara Rangkan, di Desa Ketewel, Sukawati  rusak parah setelah diterjang gelombang pasang. Kerusakan ini terjadi pada bangunan penyengker pura yang sudah roboh, serta bangunan candi kurung dan balai piyasan yang bagian bawahnya mulai amblas. Gelombang pasang yang mengiringi cuaca ekstrim ini, juga mengancam Pura Dalem Rangkan yang lokasinya berada tepat di sebelah barat Pura Segara Rangkan.

Bendesa Pakraman Rangkan I.B. Made Weda, mengatakan, gelombang pasang memang terus menerjang bibir Pantai Rangkan tersebut dalam beberapa pekan terkahir. Hingga sekitar Jumat dini hari kemarin, glombang pasang menggerus bagian depan dasar bangunan pura tersebut, hingga akhirnya merobohkan penyengker pura. “Saat saya cek kesana penyengker pura sudah roboh, dan secara perlahan materialnya terus ditarik gelombang,” ujarnya

Dikatakan setelah penyengker pura roboh, kini bangunan candi kurung dan balai piyasan juga terancam roboh, sebab bagian bawah dua bangunan tersebut juga sudah amblas akibat tergerus abrasi. “Kami tidak bisa berbuat apa, hanya menunggu waktu candi kurung dan balai piyasan pura kami ini ikut roboh, karena bagian bawah dua bangunan ini sudah tergerus,” keluhnya.

Selain itu, Pura Dalem Rangkan yang berada tepat di sebelah barat Pura Segara Rangkan juga mulai terancam. Terlebih tanah setapak yang masih tersisa di selatan Pura Dalem tersebut hanya tersisa sekitar satu meter. “Bila gelombang pasang terus seperti ini, penyengker pura dalem juga bisa roboh karena bagiaan bawahnya tergerus gelombang,” katanya.

Akibat kerusakan di Pura Segara Rangkan, diperkirakan pihaknya sudah menderita kerugian mencapai Rp 500 Juta. Pihaknya juga sudah melakukan upacara guru piduka untuk bagunan yang rusak tersebut. “Untuk perbaikan pura ini kami akan melakukan paruman terlebih dahulu, tetapi kami berharap ada upaya dari pemerintah membantu perbaikan pura kami,” pintanya. (yes)




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.