Pasar Mentigi Akan Dimural Biar Menarik Turis

NUSA PENIDA, balihotnews.com – Sisi utara Pasar Mentigi menghadap pantai sangat menarik bila dihiasi mural. Bentangan tembok pintu utara pasar merupakan space mural dimana nantinya akan menarik semua kalangan untuk lebih ramai datang, pasar terbesar di Nusa Penida. Pasar yang terletak di Banjar Mentigi, Desa Batununggul jika dilihat dari pantai atau saat menuju pelabuhan Sampalan maupun pelabuhan Roro terlihat jelas bentangan tombok pasar. Ide muralpun muncul dari kalangan seniman asal Dusun Batumulapan I Ketut Sumadi.

Saat ditanya, Rabu (8/2) I Ketut Sumadi menyampaikan ide mural sudah lama terbelesit tapi yang namanya mural masih belum paham dan tidak mengerti tentang seni menghiasi tembok. Pikiran miring mengarah pada seni mural itu sendiri, padahal jika dimaknai bijak apalagi pasar letaknya sangat strategis dekat pantai akan jadi sebuah icon baru. Orang-orang akan datang ramai ke pasar, minat datang ke pasar lebih tinggi karena ada seni mural itu sendiri.

Ia mengakui seni mural masih bergutat hal yang perlawanan atau pergolakan pertentangan dengan sebuah kebijakan tapi kalau tema tentang keindahan Nusa Penida justru itu akan menarik perhatian pengunjung pasar dan wisatawan yang datang. Icon mural menambah perhatian siapa saja yang berkunjung ke Nusa Penida. ” mural akan jadi viral tempat swam foto yang lagi tren lebih dikenal dengan selfie,” jelasnya.

Gayung berasambut Kepala UPT Pasar I Komang Widiayasa Putra menilai mural ide bagus menarik perhatian pengunjung yang datang ke pasar. Rasa cinta pasar timbul sendirinya seiring icon mural dibuat. ” Sangat menyambut baik, seperti yang saya bilang, sebenarnya sudah ada kepikiran untuk memanfaatkan space tembok yang ada di pasar, selain pasar Mentigi, Nusa Penida yang direncanakan mural Pasar Galiran, Klungkung juga dilakukan ide tersebut untuk menarik minat pengunjung datang, ” kata Widiayasa.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk dipoles dengan goresan seni ditembok gayung bersambut sama pimpinan. Apalagi Bapak Bupati Suwirta sudah menyambut positif ide tersebut. ” Ya, nanti kita koordnasikan lebih lanjut, ” tambahnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat ditemui di Nusa Ceningan beberapa hari lalu menilai seni mural tembok sisi utara pasar Mentigi sangat bagus disamping sebagai icon juga menarik perhatian. Apalagi saat menuju Nusa Penida dari kejauhan mural itu terlihat sebagai selamat datang di Nusa Penida.(*sjd)




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.