Klungkung Raih Wahana Tata Nugraha

Utama
Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta (tengah) saat menerima piala WTN
KLUNGKUNG, balihotnews.com – Kabupaten Klungkung berhasil meraih piala anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN) Presiden Republik Indonesia tahun 2016. Penghargaan bidang perhubungan darat bagi kota kecil di Indonesia ini diterima Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta.
Penghargaan WTN diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Puji Hartanto di hotel Marlynn Park Jakarta, Selasa (31/1) kemarin. Acara penyerahan dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia.
Panitia penyelenggara, Indra Surahmat menyampaikan, penghargaan bidang lalu lintas ini adalah merupakan rangkaian tahunan dari Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI. Penghargaan WTN merupakan penghargaan untuk kabupaten/kota yang mampu meningkatkan pelayanan transportasi dan tertib berlalu lintas. “Ini merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota yang mampu meningkatkan pelayanan angkutan dan tertib lalu lintas,” ujarnya.
Disebutkan, terkait penghargaan ini sebelumnya telah dilakukan penilaian terhadap tiga aspek dimasing-masing kabupaten/kota. Diantaranya aspek administrasi, aspek teknis dan operasional serta penilaian komitmen kepala daerah dalam pengembangan transportasi. “Penghargaan ini sebagai langkah awal yang berkelanjutan terkait peningkatan kualitas pelayanan angkutan darat,” sebutnya.
Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta usai menerima penghargaan mengaku bangga Klungkung bisa meraih penghargaan bidang lalu lintas dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Wabup menyatakan penghargaan ini tidak terlepas dari partisipasi dan kerjasama pihak terkait dan semua lapisan masyarakat, sehingga piala WTN ini berhasil diraih Kabupaten Klungkung. “Terima kasih juga kepada sopir angkutan umum yang sudah mulai tertib,” ujar Wabup Kasta didampingi Kasatlantas Polres Klungkung, AKP. I Wayan Mudiasa, SH.
Wabup berharap kedepan ketertiban dan keamanan berlalu lintas termasuk kenyamanan angkutan di Kabupaten Klungkung tetap terjaga sehingga penghargaan ini tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan. “Kedepan penghargaan seperti ini tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Nengah Sukasta menyampaikan, dari penilaian yang dilakukan ditahun 2016, Kabupaten Klungkung berhasil meraih piala WTN kategori tertib lalu lintas untuk kota kecil di Indonesia. Sebelumnya, selama dua tahun berturut-turut, 2014 dan 2015, Klungkung hanya meraih plakat. Hal ini karena terminal Semarapura sebagai salah satu syarat dalam penilaian ketertiban lalu lintas digunakan sebagai pasar terkait renovasi pasar umum galiran. “Salah satu syarat WTN ini adalah kebersihan terminal,” ujar Sukasta didampingi Kabid Lalulintas, Komang Agus Putra Sanjaya.
Putra Sanjaya menambahkan, selain ketertiban lalu lintas, salah satu poin unggulan yang dimiliki Klungkung dalam meraih penghargaan ini adalah adanya alat uji kir kendaraan bermotor keliling yang dianggarkan pada tahun 2016. “Poin lainnya adalah adanya kendaraan uji kir keliling,” imbuhnya seraya menyatakan Pemkab Klungkung bertahap telah melengkapi marka dan rambu jalan untuk keselamatan berlalu lintas. (nom)

Tinggalkan Balasan