Dekranasda Kab. Gianyar Bantu Pengerajin Pemasaran Lewat Internet

GIANYAR, balihotnews.com – Kemajuan teknologi harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena tidak bisa dipungkiri, teknologi informasi mempermudah kita mengakses sesuatu dimanapun dan kapanpun. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat memberikan pembinaan kesejumlah pengerajin di Kabupaten Gianyar, Kamis ( 9/2).

Promosi produk lewat online kini sudah bukan hal yang baru lagi, penjual tinggal memposting produk maka hasil produksi mereka bisa dilihat oleh hampir seluruh orang lewat internet. Hanya yang menjadi kendala menurut Ny. Adnyani Mahayastra, tidak semua pengerajin melek teknologi apalagi masalah otak atik gadget. Seperti halnya ketika mengunjungi kerajinan perak di Desa Celuk Sukawati dan kerajinan lukisan di Br. Satria Desa Mas Ubud.

I Wayan Rupadana pemilik Koming Ayu Silver salah satu perajin yang mengaku keteteran masalah IT ini. Ketika kerajinan perak masih berjaya di era 90 an, pembeli dari dalam atau pun luar negeri langsung datang ke Celuk transaksi barang sekaligus melihat langsung desain perhiasan. Namun kini, ketika masa keemasan itu telah surut, berharap pembeli yang mampir pun sudah sangat sulit.

Rupadana bukannya tidak menyadari akan keajaiban pemasaran lewat online, namun apa daya dirinya tidak paham bagaimana caranya memasarkan produknya lewat internet. Hal ini ternyata tidak dialami dirinya saja, cukup banyak pengerajin di Celuk yang gagap teknologi. Mereka hanya mengandalkan pemasaran lewat pameran dan berbagai event lainnya. Masalah teknologi juga dialami oleh I Ketut Sudiana pemilik Genta Sari Siver dan A.A Buda pemilik Galery Buda Mas Lukisan di Br. Satria Desa Mas Ubud.

Menanggapi hal tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Adnyani Mahayastra berjanji akan membantu masalah pemasaran. Selain lewat berbagai event pameran seperti ajang HUT Kota Gianyar, PKB, Ina Craf, HUT Dekranas dan lain lainnya, Dekranasda juga akan membantu pemasaran lewat internet.  Seperti ditegaskan Ny.Adnyani Mahayastra, saat ini di Kabupaten Gianyar sudah memiliki “Rumah Kreatif” yang berlokasi di Gedung PLUT UMKM di Desa Bedulu Gianyar.

Rumah Kreatif merupakan wadah tempat bagi seluruh pengerajin di Kabupaten Gianyar untuk memasarkan produknya.  Rumah Kreatif merupakan kerjasama antara BNI dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Peindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar.

Di Rumah Kreatif pengerajin  bisa menitipkan barang atau produk untuk duipamerkan disana, atau bisa juga memasarkan lewat online/ internet. Pengerajin tinggal membawa produk yang ingin dipasarkan kemudian petugas disana akan membantu cara memposting ke internet.

“ Kita harus jeli dalam bidang pemasaran, harus pandai memanfaatkan sarana yang ada dan harus bisa mengikuti segala kemajuan teknologi yang ada,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Selain itu untuk kedepannya, Pemkab. Gianyar melalui Dekranasda bekerjasama dengan dinas/instansi terkait akan berupaya memberikan pelatihan IT pada pengerajin di Kabupaten Gianyar. Karena menurut istri dari Wabup. Gianyar Made Mahayastra ini, masih banyak pengerajin di Gianyar yang gagap teknologi. (Humas/Eni)




Be the first to comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.