Baru Tahap Ngecor, Tahunya, Proyek Jembatan Tunjuk Ambruk

Utama -Baru Tahap Ngecor, Tahunya, Proyek Jembatan Tunjuk Ambruk
ft Panji Arta-Tampak bagian bawah kayu penyangga tak kuat menahan beban semen cor

TABANAN, balihotnews – Proyek jembatan baru yang menjadi penghubung jalan desa Tunjuk – dengan desa Tajen di Kecamatan Tabanan jebol pada Rabu (8/2), diketahui pukul 22.00. Menurut salah satu warga desa Tunjuk, Arta, diduga kontruksi jembatan tak kuat.

Jembatan yang baru tahap ngecor mendadak ambruk. Hasilnya, kondisi jembatan tampak melengkung mirip lintasan skate board.

Sebagai warga yang peduli lingkungannya, dia sempat mengecek kondisi jembatan. Ditemukan kayu penyangga jembatan rapuh. Disamping bukan kayu kuat, kayu penyangga diduga kayu sisa.

Utama -Baru Tahap Ngecor, Tahunya, Proyek Jembatan Tunjuk Ambruk
ft Panji Arta-Bahan kayu yang digunakan menyangga rapuh tak kuat

Kontraktor bangunan palinggih yang akrab disapa Panji Arta itu pun menyayangkan kondisi jembatan baru yang mendadak ambruk. Padahal jembatan itu dijadikan trayek transportasi dua desa bertetangga yang ramai dilintasi masyarakat.

“Harapan masyarakat jembatan segera jadi dan segera bisa dipakai…..namun apa daya …pupus sudah …..dan menunggu beberapa bln lagi….supaya bisa segera di perbaiki kembali…,” ujarnya melalui pesan media sosial.

Dia pun bertanya-tanya perihal jembatan itu. “Salah siapa ….. Apakah pemborongnya teledor….. Apakah bahan penyangganya kurang kuat…? Apakah tulangnya kurang teliti….? Apakah kurang aqua…? Hanya TUHAN Yg Tahu…….,” gerutunya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tabanan, I Gusti Agung Khrisna Kamasan, menyatakan jebolnya jembatan karena ada pergeseran tanah di bawah jembatan. “Dari segi teknis sudah memenuhi syarat, karena sebelum dikerjakan, dilakukan pengujian,” ujarnya. (yes)




Be the first to comment