cara-mudah-untuk-berhemat-1

Cara Mudah Berhemat

Finance

Berhemat merupakan salah satu cara untuk menambah keuangan anda. Agar uang yang kita dapat terasa bermanfaat dan tidak hanya numpang lewat, jangan hanya mencari kerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan lebih.  Ini ide-idenya :

1. Lakukan Apa Yang Bisa Anda Lakukan. Mulailah mengerjakan segala sesuatu dengan usaha anda sendiri. Misalnya, Mencuci Mobil, Membuat Kue untuk konsumsi keluarga, atau membuat hiasan [ Hand Made ) anda sendiri, dari pada harus membayar orang atau membelinya.

2. Gunakan Cash

Menggunakan uang cash dapat menambah atensi kita akan penggunaan uang dan sekaligus dapat menhitung uang yang telah kita pakai.

3. Catat Pengeluaran. Penting bagi kita untuk mengetahui untuk apa uang yang kita punya. Untuk keperluan apa saja. Tandai pengeluaran yang tidak perlu agar kita tidak melakukannya lagi. Contoh anda mungkin tidak pernah sadar berapa uang yang anda keluarkan hanya untuk kopi atau teh, sampai anda menghitungnya akhir bulan.

4. Memotong Biaya Bulanan. Dengan memotong biaya-biaya bulanan akan terasa efeknya langsung. Misalnya untuk pengeluaran majalah atau koran anda bisa potong karena anda sudah menggunakan internet.

5. Pinjam. Jangan malu untuk melakukan hal ini. Bukan meminjam uang tapi dalam bentuk barang. Misalnya anda bisa meminjam DVD teman daripada anda harus membelinya, atau Pinjam tukar buku komik atau cerita lama dengan sesama teman anda.

6. Menabung. Tentu hal ini sangat mendukung upaya anda untuk berhemat. Jadi Siap- siap saja memulainya, dari hal kecil. Misalnya kenapa harus membeli air mineral kalo anda bisa membawanya dari rumah, jadi uang yang harusnya keluar untuk beli air bisa ditabung.